Cara Mengatasi HP yang Terkena Atau Kemasukan Air

Cara Mengatasi HP Terkena Atau Kemasukan Air – Tanpa disengaja, mungkin Anda pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan karena kejadian tersebut memang sama sekali tidak Anda inginkan untuk terjadi. Dan, salah satunya adalah ketika Hp kesayangan Anda tanpa sengaja jatuh ke dalam air, padahal Hp tersebut tidak memiliki keamanan waterproof. 

Setelah mengalami hal tersebut, tentu Anda menjadi panik dan merasa khawatir bagaimana jika Hp tersebut rusak dan tidak dapat difungsikan kembali. Sementara, ada banyak sekali data dan file-file penting yang ada di dalamnya. Ketika Anda mengalami hal tersebut, langkah awal yang harus dilakukan adalah janganlah panik, karena di sini Anda akan segera mengetahui cara mengatasi HP yang terkena atau kemasukan air.

Ada banyak orang yang belum mengetahui, apa yang harus dilakukan setelah mengetahui bahwa Hp mereka kemasukan air atau terkena air? Hal pertama yang terjadi tentu saja akan merasa khawatir sehingga memunculkan rasa panik, tetapi Anda harus cepat untuk melakukan cara mengatasi Hp yang terkena atau kemasukan air, agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada Hp Anda.

·         Ketika Anda berhasil mengatasi kepanikan, maka dengan cepat Anda harus mengeluarkan baterai beserta kartu SIM nya terlebih dahulu. Disarankan, untuk menghidupkan HP tersebut terlebih dahulu karena air yang masuk di dalamnya tentu saja belum kering sepenuhnya.

·         Tentu saja langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengeringkan Hp tersebut dengan cara dijemur di bawah sinar matahari atau dengan cara diangin-anginkan. Sebaiknya, lakukan sebentar saja agar tidak memunculkan karat.

·         Lap semua air yang tersisa dengan menggunakan bahan yang mudah menyerap air, seperti tisu atau kain. Lap semuanya secara perlahan, terutama pada tempat baterai, sebaiknya hindari menekan layar karena hal tersebut bisa membuat pixel layar menjadi tidak berfungsi.

·         Jika dirasa perlu, gunakanlah kaleng yang kedap terhadap air untuk menyemprotkan udara pada bagian-bagian yang masih basah, hingga Hp tersebut menjadi lebih kering.

·         Beras juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan, karena beras berfungsi untuk menyerap kelembaban yang ada di HP. Caranya, cukup masukan Hp Anda di tumpukan beras selama semalam, kemudian bersihkan debu-debu beras tersebut.

Sudah mencoba cara mengatasi Hp yang terkena atau kemasukan air tersebut dengan benar tetapi Hp tetap tidak dapat dinyalakan? Mungkin penyebabnya karena Anda kurang cepat untuk melakukannya. Ya, apa boleh buat ketika semua cara untuk memperbaikinya tidak bisa membuahkan hasil, maka Anda harus membeli Hp baru dan sebaiknya Anda lebih hati-hati untuk menggunakannya. Namun, agar lebih aman sepertinya Anda memang membutuhkan Hp dengan fitur waterproof, harganya sih memang lebih mahal tapi sebanding daripada Anda harus membeli Hp terus menerus karena permasalahan yang sama.




EmoticonEmoticon

Update Terbaru